Bagaimana Cara Mengatasi Ketakutan dan Kegelisahan?

Dari seluruh  hawa nafsu, ketakutan adalah yang terburuk. 

William Shakespeare

Anda adalah pemilik dari segala pikiran, perasaan akan  ketakutan atau keberanian bergantung dari bagaimana cara Anda mengaturnya. Semakin Anda dapat  menyeimbangkan perasaan dan pikiran, semakin dekat Anda untuk menjadi self mastery.

Ainy Fauziyah

Pernahkah Anda merasa ketakutan atau gelisah secara tiba-tiba atau justru tenggelam dalam ketakutan? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Apakah Anda berusaha menerimanya atau mengatasinya atau bergulat dengan perasaan tersebut? Pernahkah Anda bertanya pada diri Anda sendiri mengapa perasaan tersebut terjadi dan apa yang telah membuat Anda mengalami perasaan tersebut? Jika saya berpendapat bahwa di dunia ini tidak ada yang perlu kita takutkan, melainkan cukup dimengerti, setujukah Anda? Hem, sepertinya kali ini saya terlalu banyak bertanya ya J. Nah untuk menjawab pertanyaan saya tersebut, kita diskusikan saja yuk.

Pertama dan yang terpenting adalah, saya ingin Anda bertanya kepada diri Anda sendiri. Tanyakan pada diri Anda mengapa perasaan tersebut terjadi? Apa yang membuat Anda merasakan ketakutan? Setelah melakukan dialog dengan diri Anda sendiri, Anda dapat memutuskan apakah Anda akan membiarkan diri Anda terbelenggu dengan perasaan tersebut atau mengatasinya untuk segera keluar dari perasaan tersebut. Tentunya Anda memutuskan yang terbaik untuk diri Anda sendiri bukan dengan berusaha keluar dari rasa ketakutan?

Berdasarkan hasil dialog tersebut, apa yang telah membuat Anda merasa ketakutan? Apakah rasa takut tersebut timbul akibat rasa panic/bingung/malu/menghindari kenyataan/mudah marah/tersinggung atau karena ego Anda semata?

Kedua, ketakutan hanya butuh pengertian. Untuk mengerti apa sebenarnya yang Anda takutkan, Anda diminta untuk merubah cara Anda berpikir dari Perasaan Pertama menuju Perasaan Kedua. Supaya lebih jelas, yuk kita baca pelan-pelan sambil diresapkan dalam hati kalimat yang ada di kedua kolom dibawah ini.

 

Perasaan Pertama

 

Perasaan Kedua

Panik dan bingung Menjelaskan perasaan dan tujuan Anda
Malu/takut kehilangan muka Berani keluar dari perasaan nyaman
Berusaha menghindari kenyataan Meningkatkan kesadaran dan menerima kenyataan
Mudah marah dan tersinggung Mengerti tingkat kemampuan diri kita dan berusaha meningkatkannya
Ingin berhenti ketika melakukan sesuatu Ingin melangkah kedepan dengan semangat dan hati-hati
Ego pribadi kita Merespon dengan sepenuh hati

Dalam bukunya Inner Skiing, W. Timothy Gallwey and Robert Kriegel mengatakan bahwa ada dua macam perasaan takut. Perasaan Pertama dan Perasaan Kedua. Perasaan Pertama justru membuat diri kita semakin terbelenggu kedalam ketakutan, sedangkan perasaan kedua mendorong diri kita untuk keluar dari rasa ketakutan secara efektif. Perasaan Kedua mendorong diri kita memusatkan perhatian, membuat adrenalin kita untuk selalu berusaha semaksimal mungkin serta mendorong kita untuk memiliki persepsi yang tajam dan bijaksana. Perasaan Kedua membuat diri kita untuk melakukan tindakan secara efektif daripada Perasaan Pertama yang membuat diri kita selalu protektif.

Ketiga, lepaskan perasaan yang telah menyesakkan hati Anda. Ketika menghadapi perasaan tersebut, jangan belenggu diri Anda kedalam kesempurnaan. Cara yang terbijak adalah katakan dan ucapkan secara tegas kepada diri Anda bahwa Anda ingin berubah. Ketika Anda mengucapkan kalimat tersebut, Anda tidak perlu memikirkan bagaimana Anda merubah perasaan tersebut. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengucapkan kata-kata tersebut setiap hari sambil memelihara perasaan keingin-tahuan Anda akan apa yang terjadi.

Keempat, saya menunggu berita dari Anda setelah Anda mempraktekkan langkah-langkah tersebut. Lakukan sekarang atau Anda akan menghabiskan waktu Anda tenggelam dalam kesedihan? Ketika praktek, Anda dapat mendiskusikan dengan saya setiap waktu. Saya dengan senang hati melakukannya.-Mungkin Anda bertanya, sesederhana itukah untuk mengusir ketakutan? Dengan hanya merubah pola piker dari Perasaan Pertama ke Perasaan Kedua dan mengucapkan keinginan berubah setiap hari? Mau tahu jawabannya? Jawabannya, ya memang sesederhana itu. Sesederhana Anda merubah pola pikir Anda dari Perasaan Pertama ke Perasaan Kedua sebagaimana saya gambarkan diatas.

Mengapa? Karena keinginan Anda untuk berubahlah yang justru mengantarkan diri Anda keluar dari ketakutan tersebut. Mudah bukan? Yuk segera kita usir rasa ketakutan yang selama ini menghinggapi diri Anda? Bukankah Anda memiliki banyak keinginan dan ingin meraihnya? Anda tahu jawabannya bukan? J

About these ads

111 Responses

  1. wah, bagus banget tipsnya mbak, saya setuju dengan 4 alasan yang mbak berikan.

    emang biasanya rasa ketakutan dan kegelisahan itu sering timbul pada saat kita sedang stress dan bersalah.

    hanya ada satu kata yg dpt menaklukkan rasa takut & gelisah yaitu keberanian

    cheers,
    Ambia

  2. ass. mbak numpang naya, saya sering merasakan susah mengambil keputusan, ragu-ragu di dalam diri, bisa ngak mbak membantu saya bagaimana menghilangkan rasa tersebut

  3. Waalaikum salam. Merzan, bersyukurlah kalau Anda sadar merasakan adanya keraguan dalam mengambil keputusan atau ragu-ragu dalam diri. Artinya, dengan mengakui adanya perasaan tersebut, itu sebuah pertanda bahwa Mirzan sedang berusaha mengatasinya. Caranya mudah kok. Setiap keraguan itu muncul, pertama, terimalah perasaan itu. Kemudian bicaralah dengan dirimu sendiri dan tanyakan, apa yang aku ragukan? Setelah menemukan jawaban kenapa dirimu ragu, uraikan seperti penjelasan saya tentang Perasaan Pertama & Perasaan Kedua. Percayalah, ketika Mirza mamou ‘menguraikan’ penjelasan pertama dan kedua, keraguan itu menjadi hilang dengan sendirinya. Selamat mencoba :-)

    • untuk menghilangkan ketakutan kita akan segala sesuatu cukup dengan memahami diri sendiri lebih dalam dan menghargai kelebihan-kelebihan yang kita miliki

  4. Kalau saya si, alhamdulillah selama ini cukup dengan Wudhu, Sholat 2 rakaat. trus serahkan semuanya kepada Sang Khalik

    Mbak, Minta ijin untuk memasukkan web anda di link website saya :)

  5. Alhamdulillah, saya juga melakukannya, ambil wudhu + sholat 2 rakaat. Setelah itu saya meresapi betapa kenikmatan yang Allah berikan kepada kita tiada terhingga….Setelah itu saya selalu bertanya “apa yang dapat saya lakukan saat ini daripada hanya berteman dengan ketakutan/kegelisahan”. Hasilnya…alhamdulillah, hidup ini selalu terasa luar biasa bila kita bisa meresapinya, baik ketika hati sedih/gusar/apalagi ketika behagia…selamat mencoba…

    Oh ya, dengan senang hati Mas boleh me-link website ini ke website Anda…teruslah berkarya, hati saya semakin tentram, bersyukur & bahagia ketika melihat anak bangsa yang berkarya….;-)

  6. Well..It’s great and simple solutions..Thanks mbak..Saya mendapat pelajaran yg berharga dgn posting ini..

  7. Ass, bu ainy 4 bulan yang lalu saya mendapat teror lewat telpon dari orang yang tidak bertanggung jawab, setelah itu saya jadi kepikiran terus sehingga mempengaruhi perasaan saya, dan timbul kegelisahan dan ketakutan, saya sudah mencoba curhat kepada teman-teman, ada yang bilang saya trauma. saya mau tanya bagaimana menghilangkan bayang-bayang kejadian itu dan menjadikan ketakutan saya menjadi keberanian? trimakasih atas jawabanya. wass

  8. Waalaikum Salam Mas Aji. Alhamdulillah, saya senang Mas Aji memiliki keberanian untuk ‘jujur’ pada diri sendiri tentang perasaan takut yang hingga kini Mas Aji rasakan. Anda adalah orang yang memiliki semangat serta keberanian untuk mengatasi perasaan tersebut ;-)

    Caranya mudah kok. Coba bicara dengan diri Anda sendiri (bisa dilakukan sebelum tidur atau pada saat Anda memiliki privasi) dan tanyakan pada diri Anda.

    Pertama, terimalah perasaan takut tersebut tanpa harus menghindarinya dan tidak melawan perasaan tersebut. Karena, semakin kita lawan semakin kuat dia berada dalam pikiran dan perasaan kita. Setelah itu coba tanya pada diri Anda sendiri dan biarkan diri Anda menjawabnya secara jujur :

    1.Apa yang membuat seorang Aji takut ketika mengingat teror telepon tersebut?
    2. Kejadian terburuk apakah seandainya teror tersebut menjadi kenyataan?
    3. Jika teror tersebut menjadi kenyataan, hal terbaik apakah yang harus Aji lakukan untuk menghadapinya?
    4. Setelah Anda menemukan jawabannya dari ke-3 pertanyaan tersebut, lalu katakan pada diri Anda lagi,”Saya sudah tahu langkah-langkah yang saya lakukan dalam menghadapinya. Alhamdulillah, saya berani menghadapinya, dan saya percaya Allah selalu melindungi hamba-nya yang pemberani. Perasaan gelisah dan takutku hilang karena aku tahu cara menghadapinya.”

    Nah selamat mencoba dan jangan lupa, silakan berbagi pengalaman dan kesuksesan Anda dalam menghadapinya kepada kerabat Anda.

    Sukses ya,
    Ainy

    • kayaknya sih bagus, tapi saya pikir semua unngkapan kamu tuh tidak cukup untuk merubah pikiran seseorang

  9. Trimakasih banyak bu Ainy, lain kali saya bleh tanya lagi ya. sukses sllu jugs bust bu Ainy

  10. Sama-sama, dengan senang hati Anda boleh tanya kapan saja….semangat terus ya….. ;-)

  11. “rasa takut akan sesuatu” sebenarnya lebih menakutkan daripada “sesuatu” itu sendiri.
    Cara mengatasi rasa takut paling efektif adalah dengan mengahadapinya.

    silakan coba permainannya :

    http://ekojuli.wordpress.com/2009/01/22/outbond-3/

  12. Ass, bu aini saya mau tanya bagaimana caranya merubah pikiran negatif menjadi positif, dan bagaimana cara melaithnya, karena saya cenderung orang yang slalu dikuasai oleh pikiran negatif? trimakasih bu atas jawabanya.

  13. Halo Mas Aji, selamat ya atas keberanian Anda untuk jujur pada diri sendiri dengan mengakui tentang cara berpikir Anda yang cenderung negatif?

    Caranya mudah banget kok. Pertama Anda harus bersyukur karena Anda sadar akan kekurangan Anda. Kedua, Anda harus tersenyum karena Anda termasuk orang yang Hebat karena memiliki semangat dalam memperbaiki pola pikir Anda. Ketiga, cukup tanyakan pada diri sendiri, keuntungan apa yang saya dapatkan jika saya berpikir positif? Terus uraikan jawaban itu satu persatu diatas kertas. Lalu, tanyakan dalam diri Anda, kalau saya sudah tahu tentang keuntungan berpikiran positif, haruskah saya mempertahankan pola pikir saya yang cenderung negatif? Saya yakin Anda akan tersenyum bahagia untuk menjawab pertanyaan tersebut. Selamat mencoba ;-)

    Ainy

  14. Assalamualaikum mbak..
    Saya mau nanya..
    Kenapa saya kok tiba2 ketakutan dan gelisah ketika kumpul dengan orang byk.Kejadian ini bermula 3 tahun lalu,ketika saya sholat di masjid.Tiba2 saya gemetaran dan berkeringat.Sampai skr perasaan itu ada mbak.Dan skr pun saya sholat memilih di belakang..Tolong mbak.Apa yg saya harus lakukan..Ohya sbentar lagi saya menikah..Tentu dalam akad khan byk orang.Saya gak tau lagi harus bertindak dalam situasi seperti itu.
    Atas jwbanya saya haturkan beribu terimakasih.

    • Waalaikum Salam Mas Rusdi,
      Alhamdulillah, saya salut dengan keberanian Mas Rusdi untuk berani dan jujur dalam mengungkapkan perasaan dan suara hati. Selamat ya atas semangat Anda untuk selalu berusaha menjadi umat Allah yang jujur, berani serta menjadi lebih baik dalam setiap napas. Caranya mudah kok. Pertama, ucapkan Bismillahhirrokhmaanirrokhiim sambil meresapi artinya “dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. Lalu tanyakan dalam diri Anda ketika Anda sendiri dengan pikiran yang tenang dan jernih :
      1. Yang saya inginkan saat ini adalah menumbuhkan keberanian saya untuk berkumpul dengan orang banyak serta berdiri di shaft depan ketika sholat berjamaah di dalam masjid. Saya sadar, hal tersebut tentunya akan memberi banyak manfaat serta hidayah untuk saya. 3 manfaat utama jika saya berani berkuimpul dengan orang banyak serta shalat berjamaah serta berdiri di shaft paling depan di dalam masjid adalah……
      2. Untuk merasakan manfaat tersebut, 3 hal utama yang harus saya lakukan adalah…..

      Mudah bukan? Coba dulu deh langkah-langkah tersebut, Insya Allah Anda mampu mengatasinya dan rasa percaya diri Anda segera kembali. Hasilnya, Insya Allah Anda menanti-nanti hari H akad nikah Anda di Masjid dengan tidak sabar, karena rasa percaya diri Anda, rasa senang serta ketentraman batin Anda dikala berkumpul dengan banyak orang dan hadir di dalam masjid khususnya ketika merasan nikmat serta kebesaran Allah ketika shalat berjamaah dan berdiri di shaft paling depan, karena Anda tahu Andapun berhak untuk di shaf paling depan, bukan?

      Selamat mencoba dan sukses ya,
      Ainy

  15. Mbak yg baik,,,mohon saran untuk perasaan saya setiap hari yg direndung gelisah, tiba2 muncul aja,,apa yg saya pikirkan berkembang menjadi kegelisahan…apapun itu,, baik pekerjaan yang belum terselesaikan tapi bingung mau mulai dari mana? tp saya yakin saya bisa menyelesaikannya(malas kali ya saya?) atau hubungan yang selalu mencurigai pasangan berkembang menjadi kegelisahan dan protective dan membuat pasangan tidak nyaman, kegelisahan2 ini menjadi penghambat saya untuk berkembang…saya merasa stag/tidak berkembang, dan tidak nyaman dengan kegelisahan yang saya rasakan setiap hari..apa saya perlu k psikolog..?

    • Mas Riyan,
      Selamat ya atas keberanian Anda untuk jujur pada diri sendiri tentang permasalahan yang Anda hadapi saat ini. Alhamdulillah, seorang Riyan telah memiliki ‘kemauan’ untuk mengkoreksi diri dari perasaan ‘gelisah, curiga’ menuju perasaan ‘tenang, damai serta percaya kepada pasangan’.

      Pertanyaan pertama untuk Anda yang perlu Anda renungkan sejenak untuk menemukan jawabannya secara jujur adalah :
      1. Apa yang selama ini membuat seorang Riyan gelisah?
      2. Apa yang selama ini membuat seorang Riyan mencurigai pasangan sendiri?

      Saya yakin Mas Riyan merasa tidak ada ‘keuntungan positif’ jika Anda selalu gelisah dan mencurigai pasangan bukan? Nah kalau memang merasa tidak ada keuntungan dengan kedua sikap tesebut, langkah untuk merubahnya menuju ketenangan, kedamaian serta mempercayai pasangan adalah:

      1. Setiap kali perasaan gelisah itu muncul, katakan dalam diri Anda untuk selalu fokus pada ‘apa yang Anda sedang kerjakan saat itu’ bukan memikirkan sesuatu yang lain yang tidak sedang Anda kerjakan saat itu juga.
      2. Cobalah jujur pada pasangan Anda tentang penyebab kecurigaan Anda dan katakan bahwa Andapun sadar dan sedang berusaha untuk memperbaikinya.
      3. Coba Anda mulai dengan memperbaikinya melalui hal-hal kecil setiap saat secara konsisten. Insya Allah hasilnya akan luar biasa.

      Selamat mencoba dan jangan lupa untuk berbagi pada yang lain tentang kesuksesan Anda dalam mengatasi permasalahan ini, ya. Saya yakin kemauan Anda yang kuat membuat Anda mampu melakukannya.

      Sukses selalu,
      Ainy Fauziyah
      INDONESIA COACHING
      http://www.indonesiacoaching.com

  16. ass wr wb

    mbk ainy, saya ibu rumh tangga & karyawan, kebetulan sudah setahun ini suami kerja di Jakarta shg setiap mlm sy hrs tidur sendirian dengan putri saya usia 2 th, biasanya klo putri sy tdk ada mslh (sehat) dia bisa tdr tenang tiap mlm, tp beberapa wktu lalu dia sakit di awali dengan kejang2, kt tetangga sy spt ya kejang putri sy tdk biasa krn ada hal2 gaib yg menggangu y, nah kmrn jg wkt mlm2 tiba2 putri sy menangis keras spt mimpi sesuatu atau apalah sy tdk tahu shg sy jd binggung & ketakutan, smp sy tlp org tua sy mlm2 utk menemani sy tdr dirumh dg putri sy, dgn begitu sy jd lbh tenang utk tdr, nh mslh y sejak dl sy mmg penakut tp setlh kejadian pd putri sy tsb sy jd tambh paranoid klo hrs tdr sndr dirmh mlm hr,sedangkan suami tdk mgkn kembli ke surabaya krn msh terikat kontrak, tolong bantu sy menghilangkn perasaan takut dan gelisah trhdp hal2 spt hantu, setan atau org2 jahat (maling). atas bantuannya saya ucapkan terima kasih sekali.

  17. Waalaikum salam,

    Mbak Wiwit yang tegar, Anda merupakan seorang wanita mandiri dan selalu berusaha untuk menjadi seorang ibu sekaligus istri yang baik.

    Pertama, kalau putri Anda sakit panas, kejang-kejang, segeralah bawa ke dokter. Hal tersebut sama sekali tidak ada hubungannya dengan hal-hal gaib, melainkan dikarenakan suhu tubuh yang terlalu tinggi sehingga ia berhalusinasi.

    Mbak, sebaiknya Anda tidak menonton film/sinetron atau membaca hal-hal tentang hantu karena itu akan memancing rasa takut Anda, bukan disamping tidak memberi manfaat pada Anda.

    Cara mengatasi rasa takut dan gelisah terhadap hantu, setan atau orang jahat, caranya sangat sederhana.

    1. Terimalah kondisi Anda saat ini dengan hanya tinggal berdua dengan putri Anda tanpa harus mengeluh maupun menyalahkan pihak lain. Justru sebaliknya, berbanggalah pada diri Anda, suami serta anak Anda karena rela berjauhan demi nafkah tetapi tetap berusaha menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.

    2. Katakan pada diri Anda sendiri dengan mengucapkan Bismillahirrohmaanirrookhiim, ya Allah saya seorang yang pemberani dan selalu dalam lindungan-Mu. Sebelum tidur, bacalah surat Al Ikhlas 3x, An Naas 3 x & Al Alkhlaq 3 sambil memohon perlindungan Allah.

    3. Lihat dari segi positifnya, manfaat apa saja yang Mbak Wiwit, putri serta suami Mbak Wiwit dapatkan selama berjauhan. Setiap kali pikiran takut itu muncul, lihatlah segi positifnya, Insya Allah Anda justru semakin bersyukur pada Allah karena Anda menyadari nikmat yang Allah berikan semakin bertambah ;-)

    4. Pastikan rumah Anda dalam kondisi yang aman dari pagar terkunci dsb.

    5. Jangan lupa untuk mengucapkan Alhamdulillah sambil meresapi maknanya, ketika keberanian itu sedikit demi sedikit muncul. Insya Allah Anda sukses menjadi wanita yang pemberani dan menjadi contoh untuk yang lain.

    Sukses ya,
    Ainy Fauziyah
    INDONESIA COACHING

    http://www.indonesiacoaching.com/index.php

  18. Assalamualaikum, ni rusdi lagi bu.
    Saran ibu kmarin dah saya lakukan seluruhnya.Alhamdulilah saya dah berani..Tapi.. Utk di shaf depan saya masih gemetaran.Pernah saya coba melawannya tapi saya semakin deg2an..Malah ini lebih tensinya..Saya meninggalkan sholat waktu dapat rukuk.. Saya rasakan seolah2 orang2 merasakan ‘gemetaran’saya ini.. Apa yg terjadi dgn saya bu? Kata teman saya phobia publik..Sungguh saya ingin mengahiri semua ini dan dapat tenang..Mohon solusinya bu.. Terimakasih..

    • Waalaikum salam. Alhamdulillah, saya ikut senang kalau Mas Rusdi sudah mempraktekkan dan sukses. Tentang perasaan Anda yang cenderung deg-degan disaat sholat berjamaah, itu merupakan proses. Proses dimana Anda memiliki motivasi yang kuat untuk berubah menuju yang lebih baik. Untuk menghilangkan perasaan deg-degan tsb, caranya snagat mudah dan simple kok. Coba deh Anda lakukan langkah2 berikut :
      1. Terimalah perasaan itu dan hadapi. Semakin Anda hadapi dengan merasakan deg-degan, semakin mengecil dan lama-lama menghilang perasaan itu. Tentunya, ada satu langkah lagi yang perlu Anda lakukan.
      2. Tanyakan pada diri Anda, apa sih yang membuat Anda deg-degan disaat sholat bersama didalam masjid?
      3. Ketika Anda menemukan jawabannya, katakan pada diri Anda, Rusdi yang sekarang adalah Rusdi yang lebih baik dari hari kehari, karena mau berubah dan menghadapi kenyataan.
      4. Ucapkan “Bismillahhirrokhmaanirrookhiim” sambil meresapi maknanya dan mengatakan dalam hati, Allah Maha Pemurah dan Maha Pemberi. Ucapkan kalimat tsb berkali-kali hingga hati Anda bergetar dan merasakan Rahmad-Nya.

      Selamat mencoba,
      Ainy

  19. Assalamualaikum,
    mba maaf saya mau tanya, beberapa tahun yang lalu saya menjadi pecandu narkoba hampir setiap 2kali dalam seminggu saya sering pergi kediskotik.
    sekarang, semenjak saya kerja diluar negeri Alhamdulillah saya tidak pernah mendatangi tempat seperti itu lagi.
    cuman dampak dari narkoba itu sekarang saya rasakan.
    saya sering parno (paranoid) saya sering gelisah gk jelas, saya sering membayangkan yang tidak2.
    saya bingung mba saya mesti ngapain.
    tolong mba saya diberikan jalan keluarnya.
    atas perhatian dan bantuan mba saya ucapkan terima kasih.
    wassalamualaikum

    • Waalaikum salam Mas Wahyu, senengnya saya ketemu dengan orang seperti sosok Mas Wahyu yang penuh semangat untuk memanage mind set dan fokus pada penyelesaian masalah. Kalau saya boleh jujur, justru orang-orang seperti Mas Wahyu inilah yang dekat dengan kesuksesan. Anda ingin tahu mengapa? Karena, apapun masalah yang Anda hadapi, Anda selalu fokus pada penyelesaian masalah dan optimis. Selamat ya atas semangatnya!

      Saya bisa mengerti tentang perasaan Anda yang gelisah tidak jelas serta sering membayangkan yang tidak-tidak. Saya juga bisa merasakan bagaimana perasaan bingung Anda yang menambah kegelisahan Anda. Nah, untuk mengatasi kondisi Anda, saya ada beberapa pertanyaan yang sangat sederhana dan butuh kejujuran Anda dalam menjawabnya. Saran saya, tulislah pertanyaan dibawah ini di secarik kertas, renungkan disaat Anda menjelang tidur, lalu jawablah satu persatu dan lalukan secara berurutan ya ;-)

      1. Apa sebenarnya yang saya takutkan? (tolong tulis hal-hal apa saja yang Mas Wahyu takutkan selama ini).
      2. Dari angka 0 – 10, seberapa besar rasa takutku selama ini? (dari angka 1-10, semakin tinggi angkanya, semakin tinggi ketakutannya)
      3. Mimpi besar apa yang ingin kuraih selama ini?
      4. Dari angka 0 – 10, jika dibandingkan antara kegelisahanku dengan mimpi besarku selama ini, mana yang lebih besar?
      5. Menjelang tidur, tolong tanya dalam diri Anda. Dalam sehari ini sejak aku bangun tidur hingga menjelang tidur, “kebaikan” apa yang telah aku lakukan? Setelah itu, tersenyumlah dan ucapkan, “Alhamdulillah. Hari ini saya melakukannya. Besok, aku akan melakukan kebaikan lebih banyak lagi! (Mas, dalam hal ini, kebaikan tidak dinilai dari materi, tetapi justru dilihat dari hal-hal yang paling kecil, sederhana dan ikhlas. Misal, Mas membantu mencet tombol lift untuk orang lain, itu sudah kebaikan. Tersenyum dengan orang lain dengan ikhlas, itu juga kebaikan bukan ;-)

      Insya Allah, cara sederhana tersebut membantu Mas menyembuhkan paranoid Mas dan menjadikan Mas Wahyu sebagai seorang yang tegar, berani dan bijak dalam memanage emosi dengan cepat ;-)

      Ok deh selamat mencoba ya, Insya Allah Anda sukses memanagenya. Jangan lupa berbagi pengalaman kesuksesan Anda dengan yang lain ya Mas ;-)

      Ainy Fauziyah, PCC
      Personal & Professional Development
      http://www.ainyfauziyah.com

  20. Thanks,it’s oke.

  21. bagaimana mencari “kesadaran” yg sbnrny untuk hidup yg sbnrnya?karna dg “kesadaran” rasa yg brnama takut tak mungkin berani menghantui kita?thanks, smoga Gusti Allah menyanyangi anda lahir bathin,dunia akhirat .amiin

  22. Halo Mas Pencari Makna Kehidupan, selamat ya atas kemauan Anda mencari makna kehidupan. Saya yakin, kemaun Anda yang kuat ini, mempertemukan dengan apa yang Anda cari.

    Sebelum saya menjawab pertanyaan Mas tentang ‘kesadaran’ yang sebenarnya untuk hidup yang sebenarnya, kalau saya boleh tahu, menurut Mas pribadi, apa arti kata ‘kesadaran’ untuk Mas? Karena, kalau boleh jujur, sebuah kata memiliki arti yang cukup luas untuk masing-masing individu.

    Mas yang budiman, tidak semua ketakutan berarti negatif. Ketakutan adalah sebuah ‘rahmad’ yang harus kita maknai dengan bijak. Ketakutan adalah sebuah pertanda yang mengingatkan kita untuk ‘merespon’ atau ‘menanggapinya’ dengan bijak. Sebagai contoh, ketika kita jatuh dari sepeda dengan luka lecet, apa yang kita rasakan? Rasa sakit di bagian luka lecet tersebut, bukan? Apa artinya? Artinya, rasa sakit di luka lecet tersebut seolah berbicara pada kita, menunjukkan kita dimana bagian tubuh kita yang terluka dan butuh diobati. Seolah menunjukkan pada kita agar kita menjauhkan luka lecet tersebut dari gesekan benda lain agar tidak menambah luka.

    Lalu, bagaimana dengan ketakutan? Demikian halnya dengan ketakutan. Ketika kita merasa takut, cobalah bertanya pada diri kita? Apa yang saya takutkan? Langkah apa yang perlu saya lakukan untuk mengatasi ‘ketakutan’ itu? Ketika Anda bertanya pada diri Anda sendiri dengan 2 pertanyaan tersebut, dengarlah dengan tenang dan jujur, karena Insya Allah disitulah hati Anda akan menjawab jujur pertanyaan Anda. Disitulah Anda akan sukses menghadapi ketakutan tersebut. Disitulah Anda akan semakin mengenal diri Anda, semakin mencintai diri Anda untuk selalu berani bertanya pada diri sendiri, untuk selalu berani menjawab dengan jujur pertanyaan diri sendiri dan untuk selalu berani melangkah mengikuti jawaban hati Anda tadi.

    Disitulah ‘awareness’ atau ‘kesadaran’ Anda akan selalu muncul, disitulah Anda Insya Allah menemukan pertanyaan Anda tentang ‘apa makna kehidupan’ bagi diri Anda,mengambil tindakan nyata serta menghadapinya. Insya Allah, Anda akan menjadi seorang ‘pemenang’ dari keegoisan manusia, menjadi seorang pemenang yang mulia. Anda tahu kenapa? Karena Gusti Allah sangat mencintai Anda, Anda yang selalu berusaha terbaik dalam kehidupan Anda, setiap napas, setiap detik ;-)

    Selamat menemukan kesadaran menemukan makna kehidupan,

    Ainy
    http://www.ainyfauziyah.com

  23. Bagus n artikelnya.
    Sebagai tambahan, meditasi vipassana juga bagus untuk melenyapkan kotoran batin.

  24. artikelnya bagus,sngt membantu bagi yg membutuhkan. tapi efektif ga ya, klo saya takutnya sama kecoa..?! hehehe… (bolehkan becanda dikit)

  25. Aslamukm..bu aini..saya mau tanya bagaimana seh caranya mensetting pikiran agar kita dalam menghadapi masalah selalu berpikir positif??
    Saya seorang yang selalu takut dalam mengahadpi masalah dan klo sudah takut rasanya pikran saya sudah tidak bisa berbuat apa2, yang terjadi saya malah sering lari dari masalah…dan bagaimana cara agar saya selalu berani menghadapi apapun..karena saya seorang penakut bu…tlong bantu saya terima kasih…

    • Waalaikum salam Mas Aji, senangnya membaca email Mas Aji yang dengan penuh semangat berusaha menjadi seorang ‘pemberani’. Mas, kalau saya boleh jujur, Anda sekarang dalam proses menuju keberanian lho? Mungkina Anda bertanya darimana saya melihatnya? Dari kesadaran pribadi Anda yang menginginkan diri Anda untuk ‘berpikir positif’ dan ‘menghadapi kenyataan’. Itu berarti Anda sudah memiliki ‘kemauan’ untuk merubahnya menuju kebaikan bukan? Nah, untuk menjadikannya menuju kenyataan, mulailah dari hal-hal yang sangat kecil. Misalnya, ketika Anda melakukan kesalahan kecil, jangan segan-segan meminta maaf langsung pada yang bersangkutan sambil mengatakan penyesalan Anda dengan sepenuh hati tanpa berlebihan. Langkah berikutnya, mulailah lakukan apa yang ingin Anda lakukan dari hal-hal kecil, misal Anda ingin bertemu dengan teman lama Anda atau ingin berbicara dengan ‘atasan’ Anda di kantor tentang ide Anda, atau menceritakan ide Anda dengan teman sekantor/kuliah Anda dan ceritakan kapan Anda mewujudkannya. Insya Allah, dengan melakukan 2 hal yang sangat sederhana tersebut, Anda menjadi seorang pemberani dan berpikiran positif.

      Berikutnya, ketika pikiran negatif mulai mendatangi Anda, katakan pada diri Anda sendiri dalam hati, APA YANG HARUS AKU LAKUKAN UNTUK MENJADI YANG TERBAIK DAN MULIA? Lalu, ketika jawaban jujur dalam nurani Anda muncul, lakukanlah dan HADAPILAH dengan hati tersenyum. Nah, jangan lupa kabari kita ya hasil pencapaian Anda yang Insya Allah luar biasa, untuk menginspirasi teman-teman lainnya…. Ditunggu ya kabar suksesnya…;-)

  26. Bu aini trimakasih sudah dijawab, saya mau tanya lagi, dulu saya sudah pernah curhat sama bu aini kalo saya pernah diteror saseorang shingga saya menjadi takut dan gelisah sampai mengganggu pikiran dan aktivitas saya..dan beberapa hari yang lalu nomor seseorang yang meneror saya tersebut tiba2 muncul di hp saya lagi, saya jdi inget dan perasaan yang dulu takut gelisah datang lagi..kemudian dalam perasaan saya terus saja ingin mencari tau siapa dia…tetapi ketakutan saya luar biasa…dan akhirnya dengan memberanikan diri saya sms dan menelpon nomor tersebut tetapi tidak ada resepon dari nomor tersebut, setelah melakukan itu saya merasa tubuh saya panas dan jantung saya berdetak kencang sekali..kemudian saya mengucpkan istigfar dan akhirnya saya sedikit tenang, dan saya sedikit bisa lega karena saya berani menghubungi dia dan ingin memperjelas masalah..tetapi perasaan takut gelisah tidak tenang masih saja tetap datang..yang saya mau tanyakan apakah yang saya lakukan ini benar bu…dan bagaimana tanggapan ibu tentang diri saya…saya benar2 ingin menjadi seorang yang berani dalam menghadapi apapun..bantu saya bu..trimakasih…

  27. Mas Aji yang penuh semangat, saya juga pernah mengalami seperti Anda, ditelepon orang tak dikenal ditengah orang nyenyak tidur. Sempat ingin rasa tahu siapa beliau dan apa tujuan beliau, tapi setelah saya pikir-pikir, kalau beliau berniat baik, tentunya menelepon saya disaat jam kerja. Tetapi jika menelepon saya di saat lelap tidur, tentunya memiliki niat yang tidak baik. Untuk mengatasinya, setiap malam seluruh telepon saya divert kecuali dari keluarga. Kalaupun ada sms yang berisi teror, saya tidak pernah membacanya, langsung saya delete karena saya tidak ingin menghabiskan energi psotif saya untuk menggubrisnya.

    Nah, tentang pengalaman Anda yang menelepon balik beliau, tentunya bukanlah hal yang salah. Anda justru mengobati rasa penasaran Anda tentang siapa si peneror ini. Hanya saja, Anda tidak perlu lagi meneleponnya, karena Anda tidak perlu memberinya ruang dalam pikiran Anda, bukan? Anda dapat mendivert nomornya atau tidak usah mengangkat teleponnya serta smsnya.

    Tanggapan saya terhadap diri Anda? Saya justru menghormati orang-orang seperti Anda yang cenderung untuk selalu meningkatkan ‘kualitas hati & pikiran’ setiap waktu. Anda telah melewati proses dari takut – gelisah – kesadaran diri yang meningkat – berusaha menghadapi kenyataan – berani. Jadi, Anda tinggal selangkah lagi menemukan keberanian Anda. Bukankah itu luar biasa? Untuk menjadi seorang yang pemberani dalam menghadapi kenyataan, selalu ‘ada proses’ dan Anda sedang melewatinya. Jadi, Anda tidak perlu lagi gusar atau mengkuatirkan tentang keberanian diri Anda, karena Anda telah melakukannya. Kemauan Anda untuk berdiskusi dengan saya kembali saat inipun adalah BUKTI keberanian Anda untuk menjadi yang lebih baik ;-)

    Oh, ya. Insya Allah kami mengadakan Acara Ngopi dengan Ainy pada Jumat, 9 Oktober 2009 jam 18.30 – 20.00 di Cafe Au Lait jalan Cikini Raya Koffie Cikini no. 17 Jakarta (depan Menteng Huis atau samping Bakoel Koffie Cikini). Temanya ‘RECHARGE YOUR WILLINGNESS’ yang detailnya akan saya infokan dalam website ini. Kalau berminat silakan hubungi Fitria Hanafie di 087881295999 Ditunggu ya…

    Ainy
    http://www.ainyfauziyah.com
    International Certified Professional Coach

  28. Terimaksih bu aini atas jawabanya dan informasinya…saya ada di semarang bu jadi kemungkinan besar tidak bisa mengikuti acra tersebut..oh ya bu aini bagai mana mencegah agar kita tidak mudah tersinggung…soalnya saya jika sudah tersinggung itu selalu menjadi beban pikiran saya…trimaksih bu..

  29. Sangat mudah kok Mas, ketika orang lain mengatakan sesuatu tentang diri kita, coba Mas Aji cerna kata-katanya dengan baik, benarkah diri kita seperti apa yang mereka katakan, atau mereka hanya bercanda semata? Jika kita tidak seperti apa yang mereka katakan, ya nggak usah dipikirin dan balaslah dengan balik bercanda yang enak…Insya Allah deh….

    Kalaupun Anda tersinggung, coba bicara baik-baik dengan teman Anda, katakan kalau perkataannya telah membuat Anda berpikir. Insya Allah jika Anda bicarakan dengan baik, teman Anda jadi mengerti.

    Selamat mencoba ;-)

  30. Bu aini bagaimana menghilangkan rasa gelisah dan takut secara tiba2..terkadang sewaktu saya beraktivitas timbul perasaan gelisah dan takut tanpa tau apa yang membuat saya takut dan gelisah dan kemudian saya jadi tidak bisa berkonsentrasi untuk beraktivitas…maaf ya bu kalo saya tanya terus karena saya memang lagi butuh bu aini sebagai motivator saya, saya berdoa semoga ibu Aini yang terhormat selalu diberikan kebaikan oleh Allah SWT…amin..terimaksih ibu…

  31. Mas Aji yang baik, rasa gelisah dan takut secara tiba-tiba tersebut tidak selalu berarti negatif. Rasa tersebut dapat juga merupakan pertanda bahwa ‘Anda ingin lebih baik’ dalam melakukan sesuatu daripada sebelumnya. Namun, jika rasa takut dan gelisah ini berlebihan, Anda dapat mengatasinya dengan ‘menerimanya, menghadapinya serta merasakannya’ daripada menghindarinya.

    Bagaimana caranya? Ketika perasaan takut dan gelisah itu muncul, katakan pada diri Anda sendiri, “Saya tahu saya merasa takut/gelisah. Tetapi, saya juga tahu bahwa saya berani menghadapinya. Karena saya tahu, saya seorang yang pemberani dan bertanggung-jawab.”

    Selamat mempraktekkan ya,
    Ainy
    http://www.ainyfauziyah.com

  32. Terimaksih banyak bu Ainy……….

  33. bu ainy yang terhormat ..saya juga merasakan seperti yang mas aji pernah rasakan..biasanya menjelang tidur, rasa takut dan gelisah terhadap sesuatu yang saya sendiri bingung apa yang saya takutkan seprti berhalusinasi, sering saya tiba-tiba terbangun dari tidur trus pikiran saya bingung/mengatakan saya berada dimana,padahal saya tidur di kamar saya sendiri tapi saya tidak menyadari hal tersebut. tolong bantuannya ibu..bagaimana saya bisa mengatasi permasalahan ini..terima kasih

    • Mas Anang yang budiman,

      Saya dapat merasakan perasaan Mas Anang yang diliputi ketakutan, sehingga membuat Mas berhalusinasi. Ketakutan Mas Anang yang mendalam membuat Anda berhalusinasi. Ketakutan itulah yang membuat Mas gelisah menjelang tidur. Di saat yang tenang, cobalah menjawab pertanyaan di bawah ini di dalam hati satu persatu secara berurutan dengan jujur, dengarkan dengan hati serta pikiran yang bersih :
      1. Apa sebenarnya yang selama ini saya takutkan?
      2. Seandainya apa yang saya takutkan itu terjadi, kejadian terburuk apa yang mungkin menimpa saya?
      3. Jika kejadian itu menimpa saya, apa yang harus saya lakukan agar saya menjadi seorang pemenang yang mulia?
      4. Jika Anda seorang muslim, menjelang tidur, cobalah membaca ‘Bismillahirrohmaanirrokhiim’ sembari mengartikan dalam hati ‘dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang’. Sebutlah ‘Bismillahirrohmaanirrokhiim’ pelan2 hingga sekujur tubuh Anda gemetar dan menangis membacanya, hingga hati dan pikiran Anda percaya bahwa Allah memang Maha Pengasih dan Penyayang, bahwa Allah melindungi Anda dari apa yang Anda takutkan, bahwa Allah mengabulkan doa Anda untuk menjadi seorang pemenang yang mulia.

      Setelah itu bacalah Al Fatikhah 1 kali, An Naas 3 kali, Al Falaq 3 kali dan Al Ikhlas 3 kali. Insya Allah seluruh halusinasi Anda akan sembuh total berkat Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang kepada Anda, ummatNya yang sangat dikasihi Allah.

      Jika Anda seorang Non Muslim, cobalah baca doa-doa yang menurut Agama Anda memberi kekuatan dalam diri Anda, yang mendapat pertolongan dari Tuhan. Berdoalah dengan yakin. Insya Allah, kesembuhan Anda secepatnya terjadi. Amin. Saya bantu doa ya, apapun agama Anda, semoga Allah mengabulkan doa Anda untuk menjadi seorang Anang yang berani menghadapi kenyataan serta menjadi pemenang yang mulia. Amin…

      AINY COACHING
      Life – Executive – Leadership – Career – Parenting Coach
      http://www.ainyfauziyah.com

      • ibu ainy yang bijak,
        terima kasih atas saran yang telah ibu berikan, semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmatnya kepada ibu…begini bu, bagaimana jika rasa was-was itu timbul hampir dimana saja,karena jika rasa was-was itu timbul badan saya jadi lemas trus jantung ini berdebar-debar sampe masuk angin, rasa was-was ini tibul karena saya gampang sekali membayangkan kejadian-kejadian yang menurut saya menakutkan di waktu yang akan datang..sekali lagi terima kasih atas waktu dan sarannya

  34. assalamu alaikum…
    ginih mba….saya kan di adu domba sama mantan pacar saya dengan pacar nya sendiri , saya ampir berantem dgn dia di sekolah…
    setelah di bicarakan dgn baik2, akhir nya salah paham itu selesai….tpi stelah ampir 2 bulan dia ngungkit2 lagi masalah salah paham yang dulu…..
    dan saya dengar2 dri teman2 saya kata nya dia mau keroyok saya ma teman2 nya, sepontan saya pnya rasa takut….
    dan stiap ari di sekolah saya slalu takut, mau skolah juga takut.
    nah mba gmana nya cara mengatasi rasa takut itu??????
    tolong di bantu nya mba…..
    karna saya ingin benar2 sekolah tanpa beban tanpa ras takut………………..

    • Wa’alaikum salam Mas Indra. Mas Indra yang budiman, saya dapat merasakan perasaan takut Anda akan isu ancaman pengeroyokan tersebut. Kalau saya boleh jujur, saya pribadi sangat menghormati sikap Anda, atas ‘kemauan’ Anda mengatasi rasa takut tersebut. Juga, niat baik yang telah Anda lakukan dengan bicara baik2 kepada bersangkutan.

      Mas Indra, terkadang isue itu adalah berita isapan jempol, sesuatu yang ditambah-tambah oleh orang lain. Namun, kadang juga berita benar adanya. Pertanyaan saya, dalam dua bulan terakhir ini, apakah Anda bertegur sapa dengan yang bersangkutan ketika berjumpa? Atau, Anda belum bertemu yang bersangkutan dalam 2 bulan ini?

      Saran saya, jika Anda memiliki kesempatan untuk bertemu yang bersangkutan, sapalah dengan tulus, buanglah rasa takut itu, tunjukkan niat baik, rasa hormat serta ketulusan Anda terhadapnya, untuk menghindari prasangka. Tunjukkan kepada beliau, bahwa Anda sama sekali tidak mencari musuh, sebaliknya, Anda tipe orang yang menghormati orang lain serta senang membantu teman dalam hal kebaikan. Selebihnya, saya yakin Anda telah berdoa kepada Allah, mohon perlindungan-Nya agar dihindarkan dari fitnah.

      Untuk mengusir rasa takut tersebut, bersikaplah yang wajar seperti biasanya, ngobrol dengan teman sekolah seperti biasanya, sesuatu yang positif, misalnya apa keinginan mulia Anda yang ingin Anda capai saat ini, atau Anda menanyakan apa yang sedang teman2 Anda lakukan saat ini. Dengan demikian, Anda menunjukkan sikap perhatian Anda terhadap teman Anda. Mulailah dari sesuatu yang sangat sederhana dan lakukan dengan sepenuh hati.

      Selamat mencoba ya, saya tunggu kabar berikutnya tentang keberhasilan Anda mengusir rasa takut tersebut, sehingga kita dapat berbagi dengan teman lainnya atas kesuksesan Anda. Saya tunggu ya ;-)

      Ainy
      AINY COACHING
      Personal & Professional Development
      http://www.ainyfauziyah.com

  35. mbak saya sudah berobat kedokter jiwa dan phisikiater itu sudah sangat membantu saya tapi rasa ketakutan itu tidak bisa hilang,…..plz help me

    • Halo Mbak Nony, maaf ya telat balas, maklum baru pulang dari haji. Saya dapat merasakan rasa ketakutan yang Mbak rasakan. Sangat mengganggu pikiran serta perasaan Mbak, sehingga dapat menggannggu aktivitas Mbak. Apa sebenarnya yang Mbak Noni takutkan? Untuk mengatasinya :

      1. Jika Mbak seorang muslim, ketika sholat, menangislah pada Allah. Jika Mbak seorang non muslim, berdoalah menurut agama Mbak. Ketika berdoa, katakan apa yang Mbak takutkan. Setelah itu beristighfarlah sambil mengucapkan Astaghfirullah, karena sejujurnya, di dunia ini tidak ada yang perlu kita takutkan Mbak tahu kenapa? Karena ada Allah yang senantiasa melindungi kita dan mengabulkan keinginan2 mulia kita. Hanya kepada-Nya lah kita bergantung.

      2. Setelah itu, katakan pada diri Anda, bahwa Mbak seorang wanita yang mulia, berani menghadapi kenyataan. Helen Keller, seorang wanita tunanetra Amerika mengatakan, “Satu-satunya menghadapi rasa ketakutan adalah menerimanya dan merasakannya.” Jadi, ketika perasaan takut tiba, rasakanlah sambil terus berdoa kepada Allah, hadapilah sambil ucapkan, Nony adalah wanita yang pemberani nan mulia. Tidak ada lagi ketakutan yang menghinggapi diriku.

      3. Selamat mencoba ;-)

      Oh ya Mbak….tiap Rabu-Kamis malam pukul 22.00-24.00 dengerin WOMEN Radio FM ya di 94,3 dalam acara Sharing & Solving…AINY COACHING hadir disana…ditunggu ya…

      AINY COACHING
      Personal & Professional Development
      http://www.ainyfauziyah.com

  36. aslmkm mbak. sy sngt senang sekali saat mambuka situs ini. sy berpikir inilah yg sy cari, mgkn mbak bs membantu memecahkan mslh sy selama ini. sy tipe org pendiam, penakut dan minderan. tp sbnrnya sy selalu berusaha menghilangkan ketakutan dan keminderan sy. dari dulu sy grogi bila berbicara didepan forum yg formal, tp sy sllu berhsil mengatasinya. walaupun jantung berdegup kencang, tp sy tetap berbicara.

    namun skrg sprtinya mslh sy smkin parah. saat berbicara didepan umum, sy menjadi sesak nafas & gemetar, sehingga suara sy seperti tecekat tdk bs keluar. sy malu sekali. pdhal pkerjaan sy menuntut hrs sering berbicara didepan umum.

    skrg jg sy merasa bhw detak jantung sy melebihi normal org sehat. kdg sy berpikir apa sy perlu ke psikiater ? atw adakah terapi obat2an yg bs membantu sy mbak ? krn sy sdh hampir putus asa. kata org sering latihan, sdh sy lakukan. yg ada sy semakin malu karena terjadi dan terjadi lg. mohon bantuannya mbak

  37. Asalam Bu Ainy..bu bagaimana mengatasi perasaan ragu-ragu. Saya kalo beribadah sering merasa ragu, misalnya kalo saya wudhu, mandi besar, atau yang berubungan dengan bersuci saya merasa ragu, perasaan itu berupa apakah saya sudah suci ya..dan akibat dari itu saya sering mengulang wudhu dll tersebut sampai berkali-kali…saya pengen bisa menghilangkan semua itu bu..trimaksih atas jawabanya…

    • Waalaikum Salam Mas Lukman, caranya sangat mudah dan sederhana ;-)

      1. Setiap kali melakukan sesuatu termasuk berwudhu, fokus/konsentrasilah dengan apa yang Mas lakukan. Lakukan dengan sepenuh hati. Hindari memikirkan hal lain setiap kali Anda melakukan sesuatu pekerjaan, termasuk berwudhu. Karena ini akan membuyarkan konserntrasi Anda.

      2. Jangan sering lihat ke belakang! Artinya, jika Anda pernah melakukan kesalahan dalam kehidupan Anda, perbaikilah. Jika Anda sudah memperbaikinya, jangan biarkan perasaan menyesal itu muncul kembali. Katakan pada diri Anda bahwa “Saya telah memperbaikinya. Saatnya melihat ke depan!”

      AINY COACHING
      Life-Executive-Leadership-Career-Parenting Coach

      http://www.ainyfauziyah.com

    • Waalaikum Salam Mas Lukman, caranya sangat mudah dan sederhana ;-)

      1. Setiap kali melakukan sesuatu termasuk berwudhu, fokus/konsentrasilah dengan apa yang Mas lakukan. Lakukan dengan sepenuh hati. Hindari memikirkan hal lain setiap kali Anda melakukan sesuatu pekerjaan, termasuk berwudhu. Karena ini akan membuyarkan konserntrasi Anda.

      2. Jangan sering lihat ke belakang! Artinya, jika Anda pernah melakukan kesalahan dalam kehidupan Anda, perbaikilah. Jika Anda sudah memperbaikinya, jangan biarkan perasaan menyesal itu muncul kembali. Katakan pada diri Anda bahwa “Saya telah memperbaikinya. Saatnya melihat ke depan!”

      AINY COACHING
      Life-Executive-Leadership-Career-Parenting Coach

      http://www.ainyfauziyah.com

  38. aslkm mbak.
    takut berada ditengah-ditengah keramian khususnya orang yang telah mengenal kita, gimna ngilangnya mbak

    • Waalaikum Salam Mas Duniarie. Mas saya dapat mengerti dengan ketakutan yang Mas rasakan. Mas, kebetulan pertanyaan Mas hampir sama dengan para penanya lainnya yang sudah jawab sebelumnya. Coba lihat saran saya yang sebelumnya di halaman ini ya…. Sukses ya Mas Duniarie!

  39. Ibu ainy yang terhormat,,,,,,,,,,,,,,,,,,saya mempunyai masalah ketakutan yang bermula dari pikiran saya yang selalu memikirkan keluarga saya terutama anak2x saya & mami saya………saya selalu berpikiran nanti kalo anak2x saya sudah besar nantinya gimana? apakah mereka bisa hidup sendiri tanpa saya, dan saya juga takut kalo sampai terjadi apa2x sama mami saya, karena mami saya punya penyakit diabetes yang parah sampai udah 3 kali masuk rumah sakit, yang terakhir kemaren kaki mami saya di operasi karena bernanah……….hal tersebut diatas yang membuat saya selalu berpkir saat menjelang tidur sehingga saya tidak bisa tidur………….beberapa waktu yang lalu saya pernah tiba2x seluruh badan saya terasa lemas semuanya dan akhirnya saya dibawa kerumah sakit dan setelah di chek ternyata badan saya tidak apa2x…………saya juga berpikiran cuma hanya karena kurang tidur aja, tapi beberapa hari kemudian hal tersebut timbul kembali dan saya kembali di bawa ke rumah sakit & hasilnya sama,,,,,,,,,sejak saat itu saya juga takut kalo sampai terjadi sesuatu terhadap diri saya apalagi anak2x saya masih kecil2x sehingga perasaan itu selalu menghantui di kehidupan saya…….sampai saat ini saya tidak berani keluar rumah untuk bersosialisasi dan saya kebanyakan mengurung diri di kamar saja hal tersebut di karenakan saya takut keluar rumah kalau nanti tiba2 perasaan ketakutan itu timbul…….saya mohon bantuan dari ibu ainy agar masalah ketakutan yang saya hadapi bisa teratasi……………terima kasih

    • Hal Mbak, saya dapat mengerti apa yang Mbak rasakan saat ini. Perasaan takut, cemas, ingin melindungi anak2 bercampur aduk menjadi satu. Ada dua hal yang kadang terlupakan oleh kita. Pertama, bahwa kita hidup karena diciptakan oleh Tuhan. Tuhan Maha Perkasa, Maha Pendengar, Maha Penyayang. Sebagai manusia, yang dapat kita lakukan adalah niat disertai tindakan dan doa.Hanya kepada Tuhanlah kita ‘bergantung’. Ketika sedih, kita berdoa kepada Tuhan agar diberi jalan keluarnya. Ketika kita senang, kita memuji syukur kepada Tuhan atas Rahmad-Nya. Kedua, sumber segala penyakit adalah ‘pikiran negatif’. Artinya pikiran negatif dapat berbentuk kekuatiran seperti sekarang yang terjadi dengan Mbak. Penyakit Mbak akan sembuh jika Mbak dapat mengatasi kekuatiran Mbak. Jadi, untuk mengatasi segala ketakutan maupun kecemasan Mbak, baik terhadap kondisi Mami Mbak, kesehatan Mbak serta anak2 Mbak, Mbak dapat melakukan langkah berikut :

      1. Tulis 10 kebaikan yang sudah Mbak lakukan untuk Mami Mbak.
      2. Tulis 10 kebaikan yang sudah Mbak lakukan untuk anak2 Mbak.
      3. Tulis 10 kebaikan yang sudah Mbak lakukan untuk diri Mbak sendiri.
      4. Setelah Mbak menulis kebaikan2 tersebut, bersujud syukurlah kepada Tuhan, karena Mbak telah melakukan banyak hal untuk orang2 tercinta Mbak.
      5. Ucapkan dengan lembut hingga hati Mbak bergetar,”Saya adalah seorang wanita yang mulia. Saya sangat menyayangi mami dan anak2 saya. Tidak ada lagi ketakutan ataupun kekuatiran dalam hidupku. Yang ada hanyalah kemauanku untuk hidup sehat, dekat pada Tuhan serta berani menghadapi kenyataan. Saya kuat! Saya Sehat!
      6. Ajaklah anak2 Mbak untuk jalan2 keluar rumah di pagi hari terutama weekend, menghirup udara segar bersama2 sambil bercanda. Jika memungkinkan dengan kondisi kesehatan Mami Mbak, ajak juga Mami Mbak. Selama jalan2 pagi, sapalah orang2 yang Mbak kenal sambil tersenyum. Jika ada yang menanyakan kabar Mbak, jawablah dengan tersenyum.

      Dengan cara sederhana tersebut, Insya Allah Mbak akan menemukan kebahagiaan dan ketentraman. Selamat mencoba. Mbak, Mbak bisa sharing langsung dengan saya setiap Rabu-Kamis pukul 22.00-24.00 acara Sharing & Solving di Women Radio FM Jakarta frekuensi 94.3. Jika Mbak di luar Jakarta, dapat mengakses by Indovision channel 510. Sukses ya Mbak, always be happy ;-)

      AINY COACHING
      Personal & Professional Development
      Life-Executive-Leadership-Career-Parenting Coach

      http://www.ainyfauziyah.com

  40. emang hanya dengan cara gt aja

  41. Ass. Bu. Stahun yg lalu aku prnah mraskan ktakutan yg luar biasa bg saya, smpai2 tkun mlm, hjn, situasi n kondsi yang gak menntu lah, smpai saat mau mrsakan tmbul ssak dan dda berdetak kencang, tp alhamdulih sejak 5blnan yang lalu sampai sekrng aku uda baikan dan seringnya brtmu dg orng2 yang macm2 dr yg pnter sampai org biasa dan itupun alhamdulillah aku gak pernah nyari, tiba2 aja ktmu, dan aku yakin itu atas keridhoan dan pertlngan dr Allah swt, tp yg trbsit dlm ht saya kra2 itu trmasuk ktjtan karena apa? Krn smpai skrg aku blm mnyadri scra pasti apa sebabnya. Dan kalau mkir dkit asam lmbngku naik, kira solusi yang tepat, trims atas sran n infonya

    • Waalaikum Salam Mas Fathur. Mas saya dapat mengerti dengan ketakutan yang Mas rasakan. Mas, kebetulan pertanyaan Mas hampir sama dengan para penanya lainnya yang sudah jawab sebelumnya. Coba lihat saran saya yang sebelumnya di halaman ini ya…. Sukses ya Mas Fathur!

  42. Assalamualaikum,Terima kasih bu atas tulisannya. sekarang saya mengerti bagaimana menghadapi rasa takut,cemas,dan semua hal yang negatif. saya sudah membaca semua tanya jawabnya di blog ini,Kadang saya bingung. ko, si penanya pertanyaan dan jawabannya hampir sama seperti pertanyaan teman sebelumnya. sebenarnya inti pertanyaan takut itu di miliki semua orang dan sudah ibu jawab kepada masing2 penanya. dan inti dari jawabannya ibu pun dapat di mengerti secara universal singkat,jelas,dan padat yaitu, kita harus menghadapinya.sukses buat ibu ya :-D saya akan sering2 baca semua blog ibu. saya tidak akan comment lagi, blog-nya sangat membantu cukup dengan membacanya. saya menjadi lebih baik dan lega :-D

  43. mbak tlg beri saran pada saya krna hari hari ini aku selalu sedih .sebenar nya aku adalah orang yg

  44. mbk tlg kasih saran aku karena sebenar nya aku adalah orang yg cukup karena kalau ku pandang dari segi materai aku sgt cukup,sekarang aku tinggal di negara spanyol/ spain , dan suami ku orang bule ,dulu asli ku orang jawa timur tapi mbak waktu aku hidup didesa serba kekurangan tapi hati saya agt tenang bersama keluarga ,dan dulu aku sgt lugu dan sgt sopan entah segala nya sgt lah baik dan sama sekali ngak punya rasa egois ataupun marah .tapi kenapa dengan berubah nya kesempurnaan ini hati ku merasa gelisah, mudah marah ,dan aku sgt berani sekali ama suami ku ,paadahal suami ku orang nya sgt nurut dan takut ama saya ,dia nurut apa yg ku bilang ,krena dia sgt mencintai ku . dia selalu setia di rumah , krna kerja nya ship aja ,dulu sebenar nya dia adalah seorang polisi tapi skrg dia adalah bisnis ama aku kenegara hongkong, singapur ,ya pokok nya negara 2 lain ,pertanyaan saya kenpa aku gelisah dan selalu marah ama suami ku sampai sampai aku mengucap kan kata kata yg tak pantas ku ucap tapi setelah aku marah aku jadi kecewa kenapa ku katakan kata buruk akhir nya aku minta maaf ma suami ku tapi tak lama lagi aku marah marah lagi pokok nya selalu marah sampai pembantu saya yg ngak tau apa apa juga ku marahin dan aku selalu membanting hp, komputer, tv pokok nya apa yg dekat ma aku ya di situ ya yg kena sasaran .tlg kasih aku saran ya dan atas semua nya aku ucap kan terima kasih.

    • Halo Mbak Cindy yang di Spanyol, maaf ya jika saya terlambat membalasnya. Maklum baru pulang dari tanah suci Makkah. Mbak Cindy yang budiman, saya bisa merasakan apa yang Mbak rasakan. Dalam hati Mbak, Anda merasa sedih dengan perubahan yang terjadi, berharap agar menjadi seorang Cindy yang berhati lembut serta berpikir tenang. Kalau saya boleh jujur, kemuliaan hati Mbak Cindy masih tinggi. Anda ingin tahu dimana letak kemuliaan Mbak? Rasa kesadaran Mbak untuk memperbaiki perilaku serta tutur kata Mbak untuk menjadi lebih bijak. Lalu pertanyaannya, bagaimana caranya ya? ;-)

      Begini Mbak, coba luangkan waktu untuk sendiri untuk lebih mengenal diri Mbak. Lalu, coba Mbak tanya diri Mbak sambil menjawabnya dengan jujur. Jika airmata meleleh, berpuji syukurlah kepada Tuhan, karena Allah membuka ‘awareness/kesadaran diri’ Mbak Cindy. Anda dapat memulianya dengan pertanyaan dan setelah itu Anda harus wujudkan dengan tindakan nyata, oke? ;-)

      1. Apa yang sebenarnya yang membuatku marah dan kecewa saat ini?

      2. Langkah terbaik dan nyata yang akan saya lakukan untuk mengatasi kekecewaan saya tersebut adalah………………..

      3. Setelah itu ucapkan ,”Saya, Cindy, adalah seorang wanita yang mulia. Saya sangat mencintai suami saya. Saya berniat untuk memperbaiki tutur kata dan perilaku saya menjadi lebih baik dan bijak.”

      4. Tulis 10 kebaikan suami Mbak yang membuat Mbak saat itu memutuskan untuk mencintainya dan menikahinya.

      5. Tulis 10 kebaikan yang sudah Mbak Cindy berikan untuk suami Mbak tercinta.

      6. Setelah melihat 10 kebaikan suami Mbak Cindy dan melihat 10 kebaikan Mbak Cindy, coba tanya kedalam hati, “Kebaikan apalagi yang patut saya berikan untuk suami saya tercinta, karena ia memang layak mendapatkannya?”

      7. Tersenyumlah sambil berpuji syukur kepada Tuhan, sambil mengucapkan, “Tuhan, aku sangat menyayangi suamiku. Aku juga sangat menyayangi diriku. Terima kasih, telah menyadarkanku serta memberiku jalan untuk menjadi wanita yang mulia.” (Ucapkan kata-kata tersebut hingga hati Anda bergetar)

      8. Selamat mencoba ya, jangan lupa untuk memberi kabar tentang hasilnya, agar kita dapat berbagi dengan yang lainnya.

      AINY COACHING
      Life-Executive-Leadership-Career-Parenting Coach
      http://www.ainyfauziyah.com

  45. ass bu,….saya jg mo nanyaiin cara mengatasi ketakutan saya, dimana saya jg merasakan hal yg sama jg dg pak rusdi,…
    ini terjadi waktu sholat berjamaah tiba2 saya merasakan ketakutan yg sgt sampai2 seluruh tubuh saya gemetaran dan jantung berdebar kencang,…sejak saat itu saya jd enggan tuk berjamaah lg tp sampai sekarang saya jg merasakan ketakutan ini kadang2 pd saat saya g ada kegiatan atau sendirian.. pdhl saya g takut akan keramaian dan smpai skrg saya masih main band n sering tampil didpn bnyk orang,…
    awalnya emg asal ketakutan saya krn saya dpt ancaman dari salah seorang nasabah saya yg mtrnya saya tarik krn menunggak dan kebetulan saya dulu bekerja sbg colektor sebuah perusahaan finance,..krn hal tsb saya minta mutasi kebagian lain dan akibatnya sampai skrg saya msh merasakan ketakutan,….
    ctt; saya dpt ancaman pas mo pergi sholat jumat ,..tlg bantuin saya buk,…
    terima kasih banyak,…

  46. mbak saya di kantor di bagian saya, sy yg paling senior, dan juga diapandang paling menguasai pekerjaan..kenapa akhir akhir ini saya sering talut dan gelaisah..yang sebabnya gak jelas..saya takut berangkat kerja..memang ada temen yang kadang sula fitnah tapi itu dulu…,apa karena ada masalah lain ya..ssehingga berpengaruh dipekerjaan

  47. ass,.mba saya cuma mau nanya apakah ada cara yang lebih akurat untuk menghilangkan ketakutan.?
    karna saya selalu di bayangi oleh rasa takut,
    teman saya mengatakan saya penakut,
    padahal ketakutan saya ada maksut nya!
    setiap langkah saya selalu di bayangi rasa takut itu..
    saya sangat ketakutan,.
    apakah saya pobia terhadap sebuah kejadian,?

  48. mba aq searang istri yg pnya dua anak,usia q 25thn,q udh lma mnkah tp setiap mnghdapi mslah dgn suami sllu emasi,kdg gk jrg q bpikir ngn bunuh diri,andai gk ad ank2 q mkin q akn bunuh diri atau pg mninggl kan suami,smpai skrg q sllu bpikir gmna cr y???? saat in q bs trima dr q sllu di anggap salah setiap mghdpi mslh krna q sllu emosi,wlw kslhan ad pd suami mua brbah aq yg slh,aq ditmpar,diusir,bahkan hampir d cerai,kdg q bpkir rumahtangga in pcm,aq gk mmliki hak jg kbebsan ?? gmna mba cra y mnghdpi semua ini …..

  49. Ass.mbak,,
    Mbak saya mo minta saranya, saya sering kali salah dalam mengambil keputusan. Saya ingin tahu gimana caranya supaya saya bisa ngambil keputusan yang tepat. Semoga mbak bisa memberikan solusinya.
    Mkch………..

  50. saya baru membaca artikel ini tanggal 14 Oktober 2010

    saya itu sering ragu ambil keputusan saya selalu takut kalok saya bakal nggak bisa membanggakan ortu saya selalu takut kalok saya salah saya selalu takut kalok bakal gagal. karena saya lebih sering mengecewakan daripada membanggakan ortu

    ini sekedar curhat bu saya begitu ingin berwiraswasta saya ingin membanggakan ortu lalu saya juga ingin membanggakan ortu, kebetulan ortu ingin saya kuliah di luar kota (mungkin untuk mengejar gengsi atau entahlah)
    nah saya ikutin permintaan beliau untuk test nah kebetulan saya ketrima di IPB jurusan DOKTER HEWAN nah saya pikir kuliah disana itu akan menghabiskan waktu saya karena ayah saya 4 tahun lagi pensiun dan kuliah di sana otomatis butuh dana nah kuliah disana butuh waktu 4 tahun (minimal) nah selain itu ada koas 18bulan (minimal)
    nah biayanya saya akumulasi minimal >140juta nah jika itu dinvestasikan secara benar insya alloh akan bisa menjadi modal saya buat mapan di usia < 30 tahun tapi di awal saya merintis usaha kaos saya berawal beli kaos lalu saya jual ke teman teman dan toko toko diawal cukup lancar walaupun dengan untung tipis lalu setelah berjalan 2 bulan saya memutuskan nambah modal dengan kompensasi saya mendapat untung lebih banyak tapi ternayata malah enggak jalan dan saya belum bisa ngembalikan modal ortu dan sekarang saya buka conter makanan jalan 6 bulan mmasih kembang kempis juga tapi ya udah bisa menghasilkan walaupun saya secara belum mengembalikan modal tapi seluruh hasil saya kasik ke ortu semua ! nah ini saya mau merintis usaha angkringan nah ini butuh modal lagi nah saya takut nggak bisa ngembalikan modal ortu saya jadi ragu dengan keputusan saya kalo saya menyerah berarti saya tidak tanggung jawab tapi harus gimana ???

  51. ass mba,
    saya wanita 30-an,karyawati..akhir2 ini saya sering gelisah dlm byk hal.misalnya dlm beribadah,saya sering merasa ragu,kdg jg pesimis apakah ibadah saya akan diterima Allah mengingat bnyk nya dosa yg telah saya lakukan.saya udah taubat mba..tp kdg saya semangat ibadahnya krn yakin akan di ampuni Allah,tp jg kdg ibadah saya cm yg wajib2 saja krn saya mrs percuma dan sia2 saja .entahlah mba,pikiran saya benar2 kacau,slalu gelisah..ingat dosa2 saya tp saya jg merasa sbg manusia biasa yg lemahyg ga sanggup jg utk bribadah dan bramal shaleh agar bisa menebus dosa saya..tlg mba…

  52. terimakasih mbak,karna mbak tlah memberikan solusi yg baik,yg mulai berdampak baik untuk saya.

  53. ass, bu aini…
    saya ingin berbagi dan bantuan solusinya
    sudah lebih dari 10 th saya sering dalam situasi gelisah dan ketakutan awalnya saya berfikir mungkin karena latar blkang dari broken home.. tp seiring waktu berjalan rasa itu tdk jga hilang pernah sempat berkurang tp ahir2 ini sering muncul lagi sejak 5 th lalu ( ibu meninggal pas d hari ulangtahun saya ) dan skrg rasa takut kehilangan makin dalam saja sampai stiap pembicaraan yg kurang berkenan d hati langsung terealisasi dalam mimpi.parahnya lagi pada sat d kendaran umum sya suka tiba2 teriak klo bayangan kecelakan muncul dan saya sering sekali berdiri d depan pintu berjam2 bila suami telat pulang hanya karena saya kuatir yg berlebihan dan saya juga slalu curiga pada stiap orang termasuk yg baik dg saya. saya tersiksa sekali dengan kondisi ini saya sudah berusaha mencoba namun rasanya berat sekali melawan bayangan2 aneh d benak saya..
    gmana y solusinya
    trims

  54. ass.sy laki2 umur 28 sy seorang body builder….sbnrnya orang lht bdn sy aj segan….hehe.tp mslhnya sy sendiri merasa ketakutan,seolah2 ad orng yg mengintai sy dan membahayakan dr sy…dan sy dibayang2i perasaan cemas yg berkepanjangan.mohon bantuan sarannya mbak… aq pengen keluar dr derita ini.thks…..

    • Mas Joy yang mulia,

      Ketika Anda memutuskan menjadi seorang Body Builder, saya yakin Anda memilihnya dengan sepenuh hati, bukan? Tetaplah menjadi diri Anda sendiri dengan mensyukuri setiap apapun yang melekat pada diri Anda. Lihatlah hal-hal positif yang Anda miliki selama ini.

      Apa yang kita pikirkan, itulah yang kita dapatkan. Ketika Anda membiarkan diri Anda memikirkan ketakutan, seketika itu juga ketakutan datang menghampiri Anda. Begitu juga sebaliknya. Ketika Anda memikirkan sesuatu yang baik dan menyejukkan hati, seketika itu juga hati dan pikiran Anda menjadi sejuk.

      Jika memang demikian, kenapa kita tidak memikirkan hal yang menyejukkan di hati saja? Sebagai contoh : daripada Anda membayangkan orang mengintai Anda, lebih baik Anda MENGUBAH bayangan tersebut menjadi ORANG YANG MENYAPA ANDA DENGAN SENYUM YANG RAMAH serta menghargai Anda sebagai seorang Joi yang mulia dan baik hati.

      Mulai sekarang, rubahlah cara berpikir Anda dari sesuatu yang membuat Anda kuatir menjadi sesuatu yang membuat Anda nyaman dan bahagia.

  55. Assalammualaikum.Wr.Wb., Ibu, anak saya laki-laki umur 8 tahun SD kelas 2. Setelah nonton film yang berakhir dengan kematian dan matinya itu dg cara tergantung, sekarang anak saya menjadi sering merasa TAKUT MATI. Dan jika perasaan itu muncul dia akan berkeringat dan menangis. Nafsu makan berkurang juga tidak mau bermaijn. Sudah saya usahakan secara spritual dan ke psikiater. bagaimana sikap saya krn perasaan itu masih muncul wa;lau tidak sering? terima kasih ibu atas sarannya. wassalam.

  56. halo mbak ainy, saya sudah 3tahun tidak dpt beraktivitas karena ketakutan dan kecemasan yang saya derita hingga kuliah saya pun jadi terbengkalai.gimana caranya agar perasaan takut dan cemas ini dapat hilang mbak?soalnya saya tdk bisa pergi sendiri karena perasaan ini

  57. Ass..
    saya mau tanya knapa tiba2 hati saya mnjadi takut,resah,dan gelisah saat melihat teman saya yg meninggal dunia.. rasa nya se akan akan sbentar lgi saya akan sperti dia,, saya selalu terpikirkan trus tntang itu, saya sadar smua orng di dunia pasti akan meninggal, tpi se akan akan saya ingin selamanya ada di dunia ini, karna saya sllu mmbayangkan jika saya meninggal nanti nanti saya akan kmana ?? dngan siapa ?? saya hrus bagaimna dsana,, mnulis smua ini jga rsa nya berat skali..

  58. ass.trimaksih Mba tas pencerahannya
    perasaan gelisah dan takut saya datangnya tiba2,,karna hal sepele yang kurang berkenan di hati saya langsung perasaan gelisah itu datang..bagaimana solusinya

  59. assalamu alaikum mba,,sya ingin mnanyakan sekaligus konsultasi dnga snda
    bgini,tahun ini sya bru msuk universitas sebagai mahasiswi kebidanan,,sya ktakutn krna sesuatu yng slallu ad dlm pkiran sya mngenai apakah sya bsa mmbuwat kedua orang tua bagia
    pda sya krna sya tdk terllu ykin dnga plihan sya terutama keungan apkah mreka bsa mmbiayayai sya smpai bsa slesai,sya tkut klw sya tdk bsa mmbuat mreka bahagia di kemudian hari bgmna mba…sya mnta solusinya….
    kkrna setiap kali memikirkan hal ini sya selalu gelisah..dan takut dngan apa yang akan terjadi di masa depan …….???????????????
    bsa bantukan mbaa…….??????????
    klw bsa di kirim di e_mail ini mumirna@yahoo.com

  60. ass…dahulu saya mba boleh di bilang tidak pemalu,tidak penakut dan brani tampil di depan orang-orang ramai..dua tahun yang lalu muncul rasa takut,cemas yang berlebihan dan mengakibatkan saya gak sadarkan diri ketika mengikuti rapat di tempat saya bekerja..akibatnya sampai sekarang saya terus menghindari apabila ada rapat dan menghindar dari tempat2 yang ramai.
    terus mba apabila saya mendengarkan berita2 buruk saya langsung cemas,takut dan apabila ada yang ga pas dihati saya bawaanya langsung suka marah-marah.
    kasih saya pencerahan mba…biar kembali seprti yang dahulu mba trims….

  61. Assalamualaikum mbak…. saya pernah melihat suatu kejadian aneh dan misterius dan bisa dibilang mistik (berhubungan dengan hantu/setan) yang membuat saya merasa shock karena ketakukan bila saya mengalami hal itu sendiri… setiap membayang-bayangkannya, jantung saya berdegup cepat serasa saya seperti habis diancam dan ditakut-takuti oleh sesuatu… dan kadang saya sering menangis karena hali itu…
    bagaimana cara agar saya bisa menghilangkan paranoid saya ini mbak…? atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan terima kasih.
    Saya mohon agar mengirim balasannya di Ymail saya… Nonadinda34@yahoo.co.id

  62. Assalamu’alaikum. Mbak nma sya Riski W F.

    Sya Sbtulnya Mau Curhat Tapi kayaknya Ini Gak Rasional.

    Suatu ketika Disaat sya mengaji sya diajarkan mengenai Doa, Pda waktu itu Ustadz Sya menerangkan kalo berdoa kpada orang laen kita pun akan mengalamimya. dan sya pun berfikir jika sya berdoa baik tentang bgaimana besok kta sakaratul maut Pastilah ada dua pilihan Yaitu suulkhotimah dan Khusnul Khotimah Sya pun Mendoakan setiap orang yg Sya Lihat dengan doa khusnul khotimah, Dan lambat laun sya pun keterusan untuk mendoakan orang laen. . . sampai sya stiap ktemu orang selalu doa- doa dan doa. . .. Jdi sya mengharapkan timbal balik akan doa Sya tersebut, trus sya berfikir jika sya mendoakan orang buruk bagaimana ? sya merasakan bisa mengalaminya. lalu sya Coba menghilangkan rasa takut itu,, eh malah setiap sya berusaha menghilangkan fikiran itu, malah ingatan itu semakin kuat menancap dimemori fikiran saya Dan Suatu ketika Sya sedang Sakit,, dan Akhirnya Sya berfikir macem2. . . serasa doa jelek itu Akan menimpa saya dan saya pun melawannya dengan Doa baik sya, akan tetapi pikiran itu malah berdebat Dengan difikiran saya dan Saya Merasa kalo doa Itu akan kembali dan menimpa Saya, dan Akhirnya Sya berfikir yang macam- macam mengenai doa Saya tadi. sya Ini Orangnya religius mbk,, sya Brada diketakutan Antara Besok kita ditakdirkan Sama Allah Dengan keadaan Bagaimanakah ???

    Setiap sya Bertemu Orang,, memori doa jelek itu akan langsung muncul. dan sya pun merasakan sudah mendoakanya. setelah itu sya sangat takut dan merasa bersalah. . . sampai-sampai saya berdoa baik bisa keliru jelek, dan itu malah menambah beban saya.. . sya seperti orang gila mbak. . . .! Yg takut Dengan Orang. bagaimanakah mengatasi Perasaan ini mbk.???????

    TP Sya yakin” Allah Dan Rasulullah Akan Membantu Saya Disaat Itu Tiba. . .

  63. saya mengalami ketakutan dalam hal hal tertentu .. perasaan ketakutan sering muncul ketika saya sedang berintraksi dengan komputer .. banyak hal yang dulu saya pelajari sekarang menjadi ketakutan bagi saya .. apa saya harus berhenti dari pekerjaan saya di bidang komputer ? apa itu solusi nya ? thank

  64. saya dah mengalami insomnia selama 3 thn ,awalnya sy biasa saja menaggapi penyakit ini,hanya ke dokter dan terima resep dan minum obat tidur,tp lama kelamaan kok suasana spt berubah akhir2 ini setelah musibah bertubi2 datang,kondisi stress pun tinggi pula,lom lagi insomnia nya kambuh,dan terakhir PARANOID pun tak lagi bs di kendalikan,dr rumah skit,satu ke rumah sakit yg lain,lalu dr dokter satu ke dokter yg lain,tak mempan ,solusi apa yg mesti sy perbuat,annakku masih kcl masi butuh biaya besar buat hidupnya,,kehidupan di lingkungan pun dah terasa asing,sy yg dulunya mudah bergaul,tb2 menjadi kaku,pekerjaan yg diraih pun mengalami pemecatan ….aduh….

  65. Ibu apakah benar perasaan takut akan kematian perasaan trsebut seperti menghantui saya yang sllu berpikir apakah umur saya msh panjang atau tidak kadang kadang hal yg seperti membuat saya takut dan sering cemas
    bagaimana cara saya mengatasinya

  66. aku diterror dan selalu diancam mantan suami. dia punya kepribadian ganda, kdrt dan psikopt. skrg dia sdang dipenjara. keluar dr penjara dia mau mengejar aku dan anakku. dia merasa kami tdk pernah bercerai. org nya dableg, egois dan pemaksa. percuma kalau aku counter. pasti aku kalah.

    aku paranoid. merasa indonesia bukan tempat yg aman. merasa ga bs dilindungi (krn dulu berkali kali minta bantuan polisi juga mental). berpikir keras caranya pindah negara.

    tp setelah baca artikel ini aku menyadari… kalau aku terus berlari dari rasa takutku, masalah tdk pernah selesai.

    walau blm tau gmn caranya biar lebih berani. tp artikel ini membuat aku kembali koreksi Rasa takut itu sendiri. semoga ada jalan lain. tfs

  67. ass..ibu sya fahri .akhir2 ni sya merasa ketakutan bila mendengar orang meninggal …sya merasa sya yang akan meninggal …ap sholusinya bu aini…rasa takut itu selalu muncul

  68. Ass, mbak, Umur saya 19th prempuan. kurang lebih saya seorang penderita hipokondria, saya takut akan rasa sakit yg klimaksnya pasti menuju ke kematian. saya udah kedokter, udah uji ronsen jg. hasilnya positif semua. tp kenapa rasa takut itu terus muncul ya,.. please help me.. :( apa yg harus saya lakukan,.???

  69. Ass,puan ainy,..sy berumur 27 tahun tp saya sangat penakut sy takut akan angin kencang,sy takut lihat orang bergaduh dan saya takut lihat orang terkena histeria sampaikan sy membayangkan saya berada di tempat itu,..bila saya berimaginasi itulah yang paling menakutkan saya,bagaimana mengatasi masalh itu..Selain itu sikap saya yang suka berangan dan berimaginasi itu sesuatu yang buruk???

  70. aslm,,,,,dulu saya konsumsi narkoba selama 3 tahun jenis sabu2 dan saya sering jajan seks tp sekarang saya sudah berhenti total. dampakx saya saya rasakan skr, saya sering lemas n mudah capek sehingga membuat saya paranoid,,yg lebih membuat saya paranoid adalah teman kencan saya meninggal dunia karena sakit bronhitis…saya taku sekali jangan sampai dia kena hiv aids n tertular padaku. aku mau cek hiv tapi belum siap menerima kl nanti hasilnya positif, aku jadi paranoid bangat n dilema. tolong solusinya

  71. hmm..tpi ktakutan dari masa lalu itu gk mw hilang.
    bagaimana ya?…

  72. asalammuaalaikum ba gimanaya cara ngilangin rasa takut ketika saya bayangin benda tumpul ama benda lancip beradu apa apa takut apa yg saya rasain takut terus gimana ya

    a

  73. asalamualikum mbak,,,
    setelah saya baca artikel yang di atas,,, ada sebagian yg sudah saya jalani, tapi kadang ketakutan itu semakin menjadi…
    semenjak kakak saya diambil oleh allah swt, pada saat itu saya selalu merasa takut akan kematian.
    adakah cara yang harus saya lakukan agar sedikit demi sedikit rasa ketakutan itu hilang…
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  74. Mksh ya mbk,
    sya blh bertnya,sya setiap mau tdr selalu gelisa dn merasa ketakutan,sya bingung mbk,bahkan bila sya mau ke kampus saya takut,se olah2 semua orng d kmpus tw melihat sya,kira2 sya hrus gmana mbk mengatasi nya.

  75. tks motivasinya, sangat berguna sekali untuk saya yg kagi terpuruk

  76. halo mbak
    ane (maaf, saya terbiasa berbicara begitu) suka parno (paranoid) karena hal yang sepele, mis. mengira orangtua akan meninggal (umurku baru 11), mengira akan sakit parah begini begitu, selalu memiirkan hal hal yang begitu, ane sudah mengikuti saran mbak, tapi kok belum diatasi juga ya? tolong dong, malam malam ane jadi sering tidur dengan orangtua, jadi disekolah sering diledek teman :(

  77. itu semua sulit

  78. Thanks bu tips nya….bahwa kalau kita urai ketakutan itu dapat memberikan pengertian buat pikiran kita bahwa beban itu terpecah pecah sehingga lebih mudah mengatasinya.

    • Assalamualaikum…masyallah bu aini yang saya muliakan…saya ingin bertanya…mengapa saya selalu merasa tertekan was was panic yg membuat saya sesak jantung berdebar halusinasi yg tdk karuan bahkan saat ini saya ada sebulan lebih berada di rumah dan dikamar saja…jujur saya sudah ada 4 tahun kertergantungan penenang hingga saya dengan kondisi yg allah telah aturkan saya sudah ada satu blan lebih tidak mengkonsumsinya bagaimana saya mengatasi smua bu aini…saya ingin lepas dr jeratan obat penenang saya ingin bernafas lega dan beraktifitas tanpa penenang saya ingin tenang tanpa obat ini bu aini…tolong bantu saya bu aini…terima kasih assalamualaikum

      • Waalaikum salam Mas Adip.. Saran saya cuma 1, sibukkan diri Anda dengan hal-hal positif. Jika Anda tidak bekerja, paling tidak beres-beres rumah. Keluar dari kamar Anda, ngobrollah dengan orang2 di rumah dan keluarlah dari rumah untuk menghirup udara segar di luar rumah. Untuk menghilangkan rasa was-was Anda, sibukkan diri Anda dengan kegiatan dan hindari bengong apalagi berdiam diri lama di kamar … Simak motivasi 3 menit saya setiap hari di radio Lite FM jakarta 105.8 setiap jam 07.00, 10.00, 13.00 dan 23.00

  79. MAAF MINTA TOLONG BANGET DONG ..? KALAU MENGATASI KETAKUTAN TAKUT KEPADA HAL2 KEMATIAN GIMANA MBAK CARANYA ?

  80. mba,,, apa qta bsa sharing mengenai mslah saya yang menrut asaya sangat memprihatinkan,,,saya blm pernah bercerita tentang mslh hidup saya,, apa mba ada waktu bwt dengerin masalah2 saya. maksih,, saya seorang pria 22th

  81. slkm,Mba sy mau tanya knp ya sy sering merasa ketakutan dengan hal2 baru/suatu pekerjaan yg blm pernah sy lakukan tiba2 diberikan kepada saya. Saya sering merasa takut brgkali nt bgini dan begitu, ujung-ujungnya kepala saya nt jd pusing krn terlalu stres. Sy jg kdg takut dgn kematian krn merasa diri sy blm siapjd kdg suka nangis sendiri,kdg sering berfikir apa yg saya lakukan selama ini belum bermanfAat. Solusinya gmana ya mba. Mksh

  82. Thx a lot ya , jadi tahu gimana rasanya ngilangin rasa panik ma bingung ku , soalnya aku orang nya panikkan , thx ya ;)

  83. KETAKUTAN SEBENARNYA BAYANGAN

  84. Terimakasii tips nyah mbak

    Sy punya pengalaman sebagay pengguna narkoba dulu sy pernah merasakan efek terburuk dari narkoba yang membuat sy takut akan kematian

    Tapi trawma ituh terjadi sampay sekarang sy selalu takut akan kematian jadi sy sering bengong dan gelisah

    Padahal sy sehat sehat sajah hanya otak sy yang gak.sehat karna trawma

  85. sya mengalami ktakutan sangat tinggi ….seakan akan kematian akan dtang menjemput……………ktika melihat kegelapan rsa takut itu muncul
    ………saat saat itu saya melihat sosok menakutkan orang berjubah dengan warna hitam kecoklatan muka hitam dengan mata melotot menatap saya………kejadian itu terjadi pda 26 agustus 2013….sampai sekalang kadang rasa takut itu muncul………..ketika saya mengalami ketakutan adrenalin darah terasa terhenti darin kaki sampe tangan itu terasa dingin bagaikan es……….saya bingun ingin menghilangkan rasa takut itu hatus bagaimana?mohon bantuan nya

  86. Assalamu’alaikum wr wb
    Terima kasih atas kata-kata motivasinya agar menghilangkan ketakutan. Lalu bagaimana dengan ketakutan saya akan penyakit HIV, karena saya baru saja melakukan perbuatan beresiko. Walau apa yang saya lakukan tidak jelas apakah pelakunya benar-benar mengidap HIV atau tidak, apakah sang pelaku sedang ada luka atau tidak. Hal tersebut membuat saya terus memikirkan hal itu, apakah hal itu benar-benar terjadi, apakah saya akan terkena HIV, apakah saya akan tertular, hal itu terus berkecamuk dalam pikiran saya. Saya sudah mencoba kata-kata motivasi mbak, setelah itu memang tenang, tapi setelah itu pasti terpikirkan kembali. Apa yang harus saya lakukan ya mbak? Terima kasih. Wassalamu’alaikum wr wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: