Mau Tahu Enaknya Jadi Pengusaha?

“Mengenal orang lain itu kecerdasan, mengenal diri sendiri itulah kearifan sejati.”

Lao Tzu

Anda mau tahu apa enaknya menjadi seorang pengusaha? Salah satu enaknya menjadi seorang pengusaha adalah Anda dapat menggunakan bidang usaha Anda sebagai tempat untuk mengekspresikan siapa Anda atau apa yang Anda inginkan di dunia ini. Banyak diantara pengusaha yang memulai usahanya untuk menyalurkan kreativitasnya misalnya melukis, desain baju atau aksesories untuk diri sendiri, anak maupun kerabat dekat, menulis buku atau membuka usaha karena memilih untuk mandiri sekaligus menjadi pemiliknya. Tentunya masih banyak contoh lain yang belum saya sebutkan disini.

Hampir setiap pengusaha wanita yang saya temui mengatakan bahwa mereka menjadi seorang pengusaha, bukan karena uang semata, tetapi sebagai wadah untuk mengekspresikan tentang siapakah mereka sebenarnya. Ditambahkan bahwa dengan menjadi seorang pengusaha wanita, mereka ingin menunjukkan pada dunia tentang bagaimana cara mereka memperlakukan orang lain dan ingin diperlakukan/dipandang orang lain secara equal. Wow, menarik bukan? Jujur, sebagai seorang wanita Indonesia saya merasa bangga telah menjumpai orang-orang yang mempunyai prinsip mandiri dan mulia dalam hidupnya, khususnya para wanita IndonesiaJ.

Martha Tilaar adalah contoh seorang wanita yang telah mampu mengejar impiannya menjadi seorang pengusaha. Martha Tilaar dikenal sebagai seorang wanita yang visioner (berpikiran ke depan) serta mempunyai perhatian yang tinggi terhadap pendidikan dan pemberdayaan perempuan. Pengusaha wanita yang identik dengan kosmetika bernuansa timur ini memulai usahanya dari sebuah salon yang kecil di serambi rumah orang tuanya di tahun 1970, 38 tahun yang silam.

Tahun 1979, Marta memulai sebuah home industry untuk memproduksi herbal dan kosmetika dengan bahan alami. Kerja keras Martha membuahkan hasil dengan minat pasar yang cukup tinggi. Kini, produksi Martha Tilaar dikenal luas baik di Indonesia maupun luar negeri. Kini berkembang menjadi sebuah perusahaan kosmetika dengan karyawan kurang lebih 3,000. Martha Tilaar membutuhkan waktu yang cukup panjang dalam mengembangkan perusahaannya menuju kesuksesan.

Sebagai wujud perhatiannya di bidang pendidikan dan pemberdayaan perempuan, Martha membentuk Martha International Beauty School, Yayasan Martha Tilaar, Community Trade dan buku tentang Perempuan Pemimpin Indonesia.  Bersama mitra, Martha membentuk Community Trade dengan tujuan mengembangkan potensi wanita di pedesaan di dunia industri kerajinan. Melalui bukunya yang ditulis bersama putrinya, Wulan, yang berjudul Leadership Quotient, Perempuan Pemimpin Indonesia (2003), Martha mendiskusikan tentang wanita karena alasan kodratnya sering disudutkan dengan alasan yang tidak menguntungkan. Wanita dianggap tidak umum untuk menjadi seorang pemimpin.

Tentunya sebagai wanita kita setuju bukan bahwa secara obyektif tidak ada alasan bagi wanita untuk bersandar pada ketidakberdayaan karena wanita mempunyai kemampuan untuk memimpin di bidangnya masing-masing. Rasa ketidakberdayaan tersebut sebenarnya tercipta justru dari sikap dan cara pandang kita sendiri, para wanita terhadap suatu pekerjaan atau tanggung-jawab yang kita pikul.

Merupakan suatu kebanggaan bukan bila kita dapat mengekspresikan siapa diri kita atau apa yang kita inginkan di dunia? Dapat digarisbawahi bahwa untuk mengekspresikan hal tersebut, menjadi pengusaha bukanlah jalan satu-satunya untuk mewujudkannya.

Kita semua memiliki kesempatan untuk menunjukkan karya kita kepada dunia. Apapun posisi Anda saat ini, baik sebagai pelajar, ibu rumah tangga, pedagang, pegawai, pejabat, pengusaha dan lain-lain, Anda dapat mengekspresikan apa yang Anda inginkan dari dunia melalui berkreasi. Anda dapat melakukannya kapanpun, dimanapun dan dengan siapapun. Kesempatan selalu ada bagi Anda yang mempunyai hasrat dan kemauan untuk mewujudkannya. Saatnya berkarya J.

2 thoughts on “Mau Tahu Enaknya Jadi Pengusaha?

  1. Menjadi pengusaha memang bebas menagtur waktu, namun harus berani menghadapi resiko dari usahanya, kadang menanggung kerugian yang banyak.Tetapi kalau untung bisa lebih dari gaji 100 gaji karyawannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s