Tokoh Mind Set

John Naisbitt, seorang penulis terkenal dengan buku pertamanya yang berjudul Megatrends yang terjual hingga 9 juta copy. Suatu angka yang sangat besar untuk kategori penjualan buku. 

Bukunya yang berjudul Reinventing the Corporation (1985), Megatrends 2000 (1990) serta Mind Set telah menjadi best seller sekaligus menjadi buku terlaris di Amerika, Jepang, Jerman. John Naisbitt juga menulis buku Megatrends for Women di tahun 1992 yang ditulis bersama Patricia Aburdene. Bukunya yang ditulis dalam bahasa Jepang  dengan judul Japan’s Identity Crisis merupakan buku terlaris di Jepang di tahun 1992.

Dia adalah satu diantara 19 penulis nonfiksi yang memiliki lebih dari satu tulisannya menjadi New York Time sejak tahun 1946. Sejak penerbitan pertama Megatrends  pada tahun 1982 dilanjutkan dengan Mind Set, John Naisbitt menjadi penulis dan pembicara yang dipandang.  Tahun 2007, tulisan-tulisannya telah dipublikasikan ke hampir 36 negara.

Selain sebagai Penulis, John Nisbitt juga mengajar di beberapa universitas di Amerika, Asia dan Eropa. Dia juga sebagai Pembicara pada beberapa perusahaan terkemuka di dunia. Masa hidupnya yang berpindah-pindah baik di Amerika, Asia dan Eropa membuat John selalu  mengikuti perkembangan dunia, bahkan dalam setiap pidatonya John selalu menekankan akan pentingnya perubahan yang dimulai dari bawah ke atas. Hal tersebut selalu ditekankan dalam pidatonya di depan pendengarnya bahwa agar mereka melakukan hal yang sama.

Diantara sesama kaum filosofi Futuris, John sering dipanggil sebagai filsuf dunia. Melalui prediksinya yang tepat (menurut Financial Times), dia telah menginspirasi dunia. Hal tersebut tentunya terkait dengan pengalamannya di dunia politik dengan posisi yang cukup terpandang sebagai  Asisten Sekretaris Pendidikan semasa presiden John Kennedy dan sebagai Asisten Spesial Presiden Lyndon Johnson, disamping sebagai Pengusaha.

Ramalannya tentang perkembangan ekonomi dunia di masa depan bukan hanya berdasarkan riset-risetnya, tetapi juga karena pengalamnnya yang hidup di berbagai belahan dunia sejak tahun 1960 dengan cara tetap membina berhubungan dengan koneksi-koneksinya di belahan dunia.

One thought on “Tokoh Mind Set

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s