PENTINGKAH MENENTUKAN TUJUAN DALAM HIDUP ANDA?

 “Mimpi dapat menjadi kenyataan. Tanpa bermimpi, dunia tidak akan akan memberi.”

 John Updike

Tahukah Anda bahwa sukses adalah tujuan, sedangkan yang lainnya merupakan pelengkap. Orang-orang yang sukses selalu memiliki tujuan dalam hidupnya. Mereka tahu apa yang mereka inginkan dan selalu fokus untuk mencapainya.

Saya yakin sebagai manusia salah satu keinginan Anda dalam hidup ini adalah mewujudkan impian Anda. Saya yakin Andapun menginginkan kesuksesan dalam kehidupan Anda. Iya kan? Nah, ketika Anda mengatakan bahwa Anda ingin mewujudkan impian Anda, sudahkah Anda menentukan tujuan?

Em….Andapun tentunya sudah mempunyai tujuan dalam hidup Anda, bukan? Tahukah Anda tentang pentingnya menentukan tujuan dalam hidup Anda? Kemampuan Anda untuk menentukan ‘tujuan’ merupakan jalan menuju kesuksesan.

Dengan memiliki ‘tujuan’ akan selalu berpikiran positif, memiliki ide dan energi untuk mencapainya. Itulah sebabnya, dalam hidup kita harus mempunyai tujuan. Ibarat sebuah kompas, tujuan merupakan arah angin yang ingin Anda tuju. Sehingga dapatlah mudah dimengerti jika Anda tidak memmpunyai tujuan yang jelas, hidup Anda akan mudah terombang-ambing karena tidak tahu ke arah mana Anda akan menuju ke tempat yang Anda inginkan. 

Sadarkah Anda bahwa tujuanlah yang mengantarkan dimana Anda berada sekarang? Mau tahu buktinya? Baiklah…mari kita ngobrol santai sambil minum teh hangat kesukaan saya. Anda juga bisa duduk santai lho sambil menyimak diskusi yang menarik ini J. Tapi ingat ya, Anda harus mengikuti setiap langkah-langlah dibawah ini lho….mau kan?

Pernahkah Anda merenung, bagaimana kehidupan Anda 5 tahun yang lalu? Ketika saya mengajak Anda untuk mengingat kembali keadaan Anda 5 tahun yang lalu, apa yang Anda rasakan?

Coba bayangkan, 5 tahun yang lalu, apa yang Anda lakukan saat itu? Nah….coba pejamkan mata Anda sebentar…..bayangkan kondisi Anda 5 tahun yang lalu. Apa yang Anda rasakan? Terasa beratkah napas Anda ketika pikiran Anda menerawang jauh membayangkan keadaan Anda 5 tahun yang lalu? Mengapa?

Berikutnya, coba Anda tanyakan pada diri Anda sendiri, hal hebat apakah yang Anda lakukan saat itu? Saya yakin Anda tentunya selalu berusaha untuk melakukan sesuatu yang terbaik untuk kehidupan Anda bukan? Nah…..setelah Anda mengingat-ingat kembali kehebatan Anda 5 tahun yang lalu, terus………

Sabar dong…J. Pejamkan mata Anda kembali dengan hati tersenyum. Tarik napas yang dalam dan katakan puji syukur kepada Allah. Alhamdullah. Anda telah mampu menjawab pertanyaan Anda sendiri dengan jujur.

Lalu, bandingkan dengan kondisi Anda saat ini. Apa yang Anda rasakan?

Sadarkah Anda, apapun yang telah Anda capai hingga saat ini merupakan hasil dari tujuan Anda? Artinya, jerih payah Anda 5 tahun yang lalu telah mengantarkan dimana Anda sekarang. Anda mengerti maksud saya?

Puaskah Anda dengan kondisi Anda saat ini? Mengapa?

Sudahkah Anda memanfaatkan potensi Anda secara jujur dan maksimal untuk menuju ke tempat yang Anda inginkan? Jawabannya ada pada diri Anda.

Maukah Anda mendengar rahasia saya? Saya percaya setiap manusia mempunyai lebih dari satu potensi. Setiap potensi mampu mengantarkan kita mencapai kesuksesan. Semakin banyak potensi yang kita miliki, semakin banyak kesuksesan yang kita raih.

Inilah rahasia saya hidup saya. Camkan baik-baik ya…J

Tujuan itu ibarat menggali potensi. Ketika kita menentukan tujuan, saat itulah kita mampu menggali potensi dalam diri kita. Ketika kita mampu menggali potensi dalam diri kita, diri kita semakin bersinar. Mengapa? Karena kita mampu mengenal diri kita secara dekat, jujur dan bijak.

Rahasia saya berikutnya adalah saya tidak mengenal adanya status. Baik itu wanita/laki-laki, janda/duda, kaya/miskin, pejabat/tukang sapu, ibu rumah tangga/wanita karir, pelajar atau siapapun Anda. Apapun pendidikan Anda, status Anda ataupun dimanapun Anda berada, kita adalah sama. Bahwa setiap manusia memiliki hak yang sama dalam mencapai kesuksesan.

Yang harus Anda sadari adalah Anda harus tahu kemana Anda ingin menuju.  T-i-t-i-k.

Selanjutnya arah mana yang ingin Anda tuju tentunya bergantung pada diri Anda sendiri serta cara Anda dalam berpikir. Nah, selamat menentukan tujuan…..

Sampai ketemu di diskusi berikutnya ya…..

5 thoughts on “PENTINGKAH MENENTUKAN TUJUAN DALAM HIDUP ANDA?

  1. Sangat mengejutkan dan menggugah semangat saya dalam meningkatkan kepribadian. Semoga diridhoi Oleh Allah dalam setiap langkah kita. Amin..

    • Alhamdulillah, selamat ya atas kejujuran Anda. Kalau saya boleh jujur, kejujuran Anda mengungkapkan perasaan Anda adalah keberanian Anda yang luar biasa. Insya Allah Anda menemukan apa yang Anda cari😉

  2. Assalamu’alaikum Mbak Ainy, salam kenal. Saya ingin nanya, Kepribadian Prematur itu keprebadian yang bagai mana? dan langkah apa yang harus saya lalukan? agar menjadi pribadi yang peka dengan lingkungan sekitar kita. Terima kasih.

  3. Waalaikum Salam Mbak Afifa, saya menghargai ‘kemauan’ Anda untuk selalu melakukan yang terbaik dalam kehidupan Anda. Kalau boleh jujur, Anda sedang dalam proses menuju ‘kepekaan’ Anda terhadap lingkungan sekitar.

    Caranya sangat sederhana. Ketika Anda sedang bersama teman Anda, atau ketika sedang berkumpul dengan keluarga Anda, coba tanyakan pada hati Anda, “Seandainya mereka (teman / keluarga Anda) itu saya, apa yang mereka harapkan dari seorang Afifa?” Mulailah dengan yang sangat sederhana, misal mendengarkan teman/kerabat Anda yang sedang curhat, menanyakan pada mereka apa kabar, gimana kondisi keluarga mereka, atau apa saja yang dekat dengan pikiran mereka.

    Percayalah, keinginan Anda yang kuat untuk peka terhadap lingkungan Anda, Insya Allah mengantarkan Anda untuk menemukannya segera. Kenapa? Karena Anda mencarinya dengan hati Anda yang mulia.

    Selamat mencoba, ya😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s